Cara Merawat Kucing Anggora

cara merawat kucing anggora

Cara Merawat Kucing Anggora – Kucing adalah salah satu hewan yang benar-benar layak untuk dipelihara dirumah karena kucing adalah hewan yang jinak, lucu dan friendly walaupun tidak se-friendly hewan anjing. Jenis kucing diduni ini memang beragam ada kucing persia, kucing kampung, kucing anggoran dan ras-ras lainnya. Kali ini saya akan membahas tentang bagaimana cara merawat kucing persia. Karena kucing persia memiliki pemeliharaan khusus, tetapi itu tidak terlalu sulit.
Kucing anggora memiliki bulu panjang, ekor yang panjang serta mekar dan memiliki julukan sebagai kucing pemalas dikarenakan memanglah kucing ini tidak selincah seperti kucing lain serta tidak semua tulang ataupun ikan dia mau mamakannya.

Beberapa tips Cara Merawat Kucing Anggora :

1. Bersihkan muka serta permukaan bulu kucing
Bersihkan muka dan bulu kucing dengan cara di lap, pakailah tisu basah atau lap yang lembut agar kotoran bisa terangkat, lakukanlah sebelum kucing disisir.

2. Sisir bulu kucing secara berkala
Anggora yang memiliki bulu panjang membuat mereka sering memiliki gangguan pada bulu, jika bulu kucing jarang disisir akan membuat bulu tidak indah, bulu yang masih hidup terlilit dengan bulu yang sudah mati.
sebaiknya anda menyisir bulu kucing anda secara teratur yaitu 2 kali sehari dan pakailah sisir yang terbuat dari logam.

3. Sisir bulu kucing secara berlawanan
Sisir bulu kucing dengan arah yang berlawanan, mulailah menyisir dari tengkuk kearah depan sedikit demi sedikit hingga ujung ekor, lakukan secara perlahan sehingga kucing anda bisa menikmatinya. Perhatikan juga sisir yang anda gunakan, sisir yang anda gunakan harus berbahan logam dan bergigi agak rapat.

4. Mandi dengan shampoo khusus kucing
Mandikan kucing anda setiap 2 minggu sekali, mandikan dipagi hari ketika cuaca cerah dan kucing dalam kondisi yang fit, agar kucing tidak merasa kedinginan dan bulu cepat kering.
keringkan bulu kucing sampai kering agar tidak lembab, karena lembab bisa menyebabkan kucing anda berjamur, ketika mandi gunakan shampoo yang khusus untuk kucing sehingga bulu kucing akan terlihat indah dan sehat.
jangan mandikan kucing terus-menerus karena bisa membuat tampilan bulu menjadi kurang indah.

5. Temapat tinggal kucing (kandang)
jangan sembarangan memberikan kandang pada kucing anda, pilihkan kandang yang nyaman. ukuran kandang kucing sesuaikan dengan berat badan si kucing anggora itu sendiri. Contohnya kucing anggora tersebut memiliki berat badan 4kg, maka ukuran kandang adalah panjang 90cm, lebar 63cm serta tinggi 65cm. atau boleh saja lebih dari ukuran ini agar kucing lebih leluasa. Bahan kandang yang terbaik adalah alumunium karena anti karat.

6. Makanan dan Minuman
Untuk makanan berikanlah makanan wet food untuk kucing anda yang berumur 1minggu-6minggu, tetapi jika sudah berumur lebih dari 6 minggu alangkah baiknya anda berikan mereka makanan dry food agar mereka tidak terbiasa dengan makanan yang lembut dan perlu anda ketahui makanan wet food akan membuat gigi kucing rusak. Tidak ada takaran untuk kucing anda yang masih kecil karena meraka sedang dalam masa pertumbuhan.
Untuk minuman berikan air yang bersih, jika ingin memberinya susu berikanlah susu royal canin, jangan berikan susu untuk manusia karena dapat mengakibatkan kucing mencret. Susu kucing mengandung laktosa, namun susu manusia memiliki kandungan laktobasilus.

7. Kesehatan untuk kucing
Kucing wajib diberi vaksin, bersihkan kuku,telinga dan dubur. Kucing yang berbulu lebat perlu perhatian khusus untuk bulunya, mandikan kucing 2 minggu sekali. Ajak kucing anda bermain kurang lebih 30 menit agar kucing anda tetap lincah.

Beberapa tips diatas semoga bermanfaat untuk anda pecinta kucing🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s